The Old And The New Photos For Bunda Yati

62 komentar
Bismillahirrahmannirrahiim...

Senang sekali waktu menerima sms dari bunda Yati yang mengabarkan hendak membuat Give Away. Dalam hati aku niatkan untuk ikut meramaikannya. Penasaran juga, kira-kira apa ya yang bakal menjadi tema GA bunda Yati?

Waktu bunda Yati memberitahu tentang GA itu di wall-ku, dan mengetahui kalau temanya The Old and The New Photos, waaahhh...! Langsung lemes deh. Kalau harus menampilkan foto lama itu berarti foto waktu aku belum berhijab. Mana mungkin itu aku lakukan. Sekalipun foto masa kecil, aku tidak mau aurat rambut yang sudah aku tutup terbuka lagi. Sudah menjadi prinsip yang Insya Allah istiqomah dengan hal ini. Foto-foto ketika awal berhijab pun rasanya tak layak tampil sebab hijabku masih yang diplintir sana-sini. Malu...

Dengan terpaksa aku sms bunda Yati untuk meminta maaf tidak bisa ikut GA beliau. Balasan sms bunda Yati cukup melegakan.
"Mbak Niken, jangan dipersulit sayang tentang foto. Kan bisa ditampilkan foto 2 or 3 tahun yang lalu dan foto yang sekarang. Jadi Join GA bunda ya. LeylaHana juga punya prinsip yang sama dengan mbak Niken. Intip deh linknya di blog bunda, OK?"
Langsung aku mencari link nya mbak LeylaHana. Ternyata mbak Leyla menampilkan foto masa kuliah. Dengan dasar balasan sms bunda Yati dan setelah membaca kisah mbak LeylaHana, akhirnya aku putuskan untuk ikut GA bunda. Segera membuka file foto. Dan sampailah pilihan pada foto-foto ini.

Foto ini diambil di rumah adikku di Bandung tiga tahun yang lalu. 
Waktu Kayla, anak ke-5, berumur lima bulan. 



Foto dua minggu yang lalu. Terbengong-bengong dengan bangunan baru yang tampak di belakangku.
Lokasi di wilayah Gading Serpong. Dulu itu adalah kebun kelapa yang cukup lebat.
Lama tidak lewat sana, pohon kelapa sudah berubah menjadi deretan ruko dan bangunan lain.
Sampai bingung dengan perubahannya.


Sekarang tibalah saatnya berkisah tentang bunda Yati.

Beruntung aku pernah bertemu dua kali dengan beliau. Pertama waktu sama-sama memenangkan GA bunda Sumiyati Sapriasih. Bunda Sumi menyerahkan hadiah GA-nya dengan kopdar di Bobo Fair yang diselenggarakan di JCC Senayan. Kesan pertama, bunda Yati hangat dalam perkenalan. Tidak menyangka bertemu dengan blogger seusia bunda Yati. Sayang suasana di Bobo Fair kurang nyaman untuk ngobrol panjang, hari juga sudah malam. Bunda Yati keesokannya mau ke Tanjung Lesung dengan keluarganya, jadi pertemuannya cuma sebentar.

Pertemuan kedua, waktu kopdar di Kantin Keluarga, bersama pakde Cholik dan bunda Sumiyati. Salut banget buda Yati jauh-jauh dari Pamulang naik kendaraan umum menuju kantinku di Batusari. Makin kenal dengan bunda Yati, rasa kagum makin tinggi. Hari itu banyak tertawa dan bercanda dengan beliau. 

Apalagi mengamati semua sepak terjang beliau dalam menulis juga kegiatan yang beliau ikuti bersama grup Kumpulan Emak-emak Blogger. Gesit sekali untuk wanita seusia bunda Yati. 75 tahun ya bun? Kemana-mana sendiri naik kendaraan umum. Woow...! Lokasi yang belum dikenalnya pun tetap akan didatanginya kalau sudah niat akan menghadiri sebuah acara. Aku diam-diam memperhatikan bunda lho... Hehehe...

Belum lagi kalau menyimak buku-buku antologi yang memuat karyanya. Sudah banyak banget. Bahkan sepertinya akan menyusul buku-buku selanjutnya, mengingat semangat beliau yang selalu meletup-letup. Kumpulan Cerpen yang sempat membuatnya galau, aku yakin akan segera terbit dengan memukau. Do'aku buat bunda Yati.

Bunda Yati juga tidak pernah malu-malu untuk bertanya kalau menghadapi kendala dalam menulis atau teknis ngeblog. Beliau akan bertanya baik secara terbuka di grup atau secara pribadi melalui inbox atau sms. Tak pernah patah semangat mepelajari hal baru. Buatnya kesulitan itu untuk ditaklukkan, bukan diresahkan. Disaat sebagian kita menyerah menghadapi masalah, bunda Yati justru menjadikan masalah itu sebagai cambuk untuk maju. Keren deh bun...

Bundaaaa.... mana bisa cerita tentang bunda cuma 200 kata. Ini aja rasanya masih banyak yang mau diungkapkan. Tapi kuatir bunda pusing bacanya. Empat tahun ngeblog, usia yang sudah 75 dan semangatnya tetap menggebu bisa menjadi inspirasi buat kita-kita yang lebih muda. Pokoknya aku bangga kenal dengan bunda. Semoga bunda selalu diberi nikmat sehat dan keberkahan oleh Allah. Sukses selalu ya bun...







62 komentar:

  1. Foto pertama udah pny anak ke 5 ckckck masyaAllah..luar biasa nih bunda niken...banyak anak PASTI bnyk rejeki ya bun, lha wong Kanjeng Nabi suka kok dg ummat yg banyak...aku favoritkan jadi juara dech hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah diberi nikmat anak banyak mas...
      Bersyukur sekali...
      Hahaha... makasih dukungannya.. :)

      Hapus
  2. xixixixi mana yang waktu kecilnya heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto waktu kecil disimpan rapi Bli Budi...

      Hapus
  3. Jadi makin kenal sama bunda yati darii Postingan ini, hehehe

    Smoga menaaang yah hmm, kira2 panggilnya apa yah o.O? hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manggil aku ya maksudnya...
      Bisa bunda juga, atau umi atau mbak atau ibu... :D

      Hapus
    2. panggil umi aja kaliii yah :D :D biar akrab ..hhihhi

      Hapus
    3. Sip..sip... Suka deh dipanggil Umi... Makasih Rani..

      Hapus
  4. Pertama-tama buat Budi Arnaya dulu ya: lho bunda kan bilang foto waktu kecil, hayyyoooo.....tapi foto lama, hayoooo.....

    Sip mbak Niken, postingannya bagus dan foto2nya juga, tapibunda kan belum 75 lho (gak mau rugi kalo soal umur, qiqiqiqiqiiii....baru 74 juga bulan Juli 2013). Do'ain ya kita masih bisa komunikasi sampai usia bunda 75 bahkan Insya Allah lebih. Aamiin.

    Postingannya udah tercatat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ups... Maaf bunda... Salah dlm mengingat. Td juga ragu nulis 75. "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮
      Buat doa deh, smg diberi usia yg bermanfaat.

      Alhamdulillah sdh tercatat... :)

      Hapus
  5. semoga menang GA nya.

    btw tinggal di sekitar serpong ya mbak?

    tetangga dong kita

    -de-
    www.masrafa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... Makasih supportnya.

      Aku ga tinggal di serpong mas. Rmh di Serpong dikontrakkan.
      Makasih mampirnya. :)

      Hapus
  6. .: visiting saja kawan, saya juga tinggal di Serpong...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih visitnya.
      Serpong sekarang perkembangannya pesat banget ya...

      Hapus
  7. Jadi ?
    Bunda Yati naik kendaraan umum ke kantin bu Niken ???
    waaaaaa ... salut banget ...
    (saya tau banget ... Pamulang dan juga Ciputat itu lalulintas dan perangai angkotnya sangat ajaib sekali ...)

    Semakin kagum sama Bunda Yati ...

    Salam saya Bu Niken

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa om Nh... hebat ya... Berani banget gitu...
      Lha saya ke Sudirman aja takut nyasar jeee... :D

      Salam kembali om...

      Hapus
  8. Dhoni juga ikutan loh Bunda :), karen liat postingan ini sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda ke Desaku dulu sebelum balas komen Doni.
      Gitu atuh kasep... sing semangat geura nulisna...

      Hapus
  9. Foto diambil yang tiga tahun lalu juga boleh ya, Bu. Wah..., tahu gitu aku ikut foto yang waktu kuliah, lagi gaya2nya, hehe.... Salut, Bu, yang namanya prinsip itu memang harus dipegang kuat! Semoga senantiasa istiqamah nggih. Aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Azzet sudah ikutan? Mana? Kayaknya belum ada di daftar peserta? Hehehe...

      Insya Allah istiqomah pak Azzet. Mohon doanya :)

      Hapus
  10. Krucilnya lima, Mbak? Hebaaat... Saya aja baru punya satu badan rasanya kretek-kretek semua, Mbak, hehe... :) Sukses GA-nya ya, Mbak. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang hebat Allah mbak, saya cuma menjalankan ketetapanNya saja.

      Salam kenal kembali. Trimakasih supportnya. :)

      Hapus
  11. wahh..aku kirain lagi di LN lho, bund waktu liat latar bangunan itu, ternyata......hehheee...., btw, salam kenal ya,, follow balik yach...hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Kayak dimanaaaa gitu ya...

      Salam kenal kembali. Siap memfollow back!

      Hapus
  12. Wah.. sudah anak 5 tp masi awet muda yah mba :)
    Semoga sukses yah mba GAnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kelihatan muda, seringnya kelihatan tua... hehehe...

      Trimakasih supportnya :)

      Hapus
  13. Bunda foto yang kedua itu saya kira diluar negeri, lagi jalan-jalan dimana gitu... eeeh ternyata di serpong toh... hehehehe

    Sukses ya Bunda ngontesnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sempatin foto disana tuh mas Awan. Kiri kanan ruko seperti itu. Padahal dulunya kebon kelapa yang terkenal rawan daerahnya.

      Hapus
  14. aku kecewa euy, padahal pengen lihat yg masih kecil, SD atau TK gitu .. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho... maaf mengecewakan dirimu sayang... :D

      Hapus
  15. salam kenal bunda, sama aku kira juga itu di luar negeri. taunya di serpong. cepat sekali perkembangannya ya. pantesan bumi makin panas. loh :) aku belum ikutan GA bunda Yati nih. besok dah weekend ngubek foto :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Rika :)
      Serpong mmg berkembang pesat tidak cuma di daerah itu.
      Ayo ikutan GA ini Rika :)

      Hapus
  16. hehee.. Iya Bun ya.. Mana bisa nulis buat Bunda Yati 200 kata, kan sak uprit.. heheee

    wak, itu waktu Kayla masih kecil ya Bun....

    Sukses GAnya ya Bun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah... makanya itu... Secara aku juga rumpies habis orangnya... hehehe...
      Lucu ya Kayla... :)

      Makasih ya mas Syafi'i...

      Hapus
  17. Aku blom ketemu sm Bunda Yati nih Bun, kepengeeen..

    Gudlak ngontesnya ya Bun^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat bisa ketemu ya mbak Orin... seperti pertemuan kita yang tak direncanakan... hehehe...

      Makasih mbak..:)

      Hapus
  18. senyumnya masih sama ,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru lewat 3 tahun... jadi masih sama.. hehhe...

      Hapus
  19. Bunda..tadi aku sudah komen blm ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada tuuh... baru ini...
      kalau komen di fb ada...

      Hapus
  20. Mbak Niken badannya masih langsing ya, meski udah punya 5 anak :D

    O ya nulis ttg bunda Yati dibatesi 200 kata, mana bisa? Ssttt .. aku keblabasan jadi 250 kata, jangan bilang2 bunda Yati ya mbak hi hi .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang malah melar tuh mbak... lebih gemuk dari pada sesudah melahirkan anak ke-5. Efek mengurus kantin selama hampir 3 tahun telah berhasil melebarkan badanku.

      Bunda Yati memang layak diberi bonus yaaa...
      Semoga berjaya di GA ini bersama saya... hahaha...

      Hapus
  21. semoga berjaya bersama saya

    hohoho

    prinsip bunda blom bisa mimi tiru..hikzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan prinsip Mi...
      Itu kepedean... hihihi...

      Hapus
  22. waaaah bunda udah punya anak lima, msih singset gitu ,, pengen deh =,="
    salam kenal bundaaaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggaaaakkk... beneran nggak langsing...
      Tanya deh sama yg udah ketemuan... Itu kamera hape aja yang bikin tampak spt ituuu...

      Salam kenal...? Perasaan udah kenal deeh... :)

      Hapus
  23. ga nyangkaaaaa...krucilnya lima....awet muda tenan.....wes...wes....saluuuuttt aku Mbak !

    Tak jagoin juara Mbak...siippp

    # kedipin Bunda Yati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tua mbak Lies... beneran deehh... umurku udah buanyaaak...

      Asyiiiik dijagoin juara...!
      Makasiiih...

      Hapus
  24. Wah, kemana2 naik angkutan umum? Jempoooooooool. . .

    Aku juga salut denga Bunda Yati dan Bunda Niken. Semangat dalam menulisnya tuh sudah tidak diragukan lagi. Meski banyak kegiatan offline, tetapi masih bisa membagi waktunya untuk berbagi melalui tulisan.

    Semoga sukses ngontesnya ya, Bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga salut sama Idah. Masih imoet tapi pinter banget... :D

      Hapus
  25. Foto lama sama foto baru kog ga ada beda nya ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya beda doong...
      Skrg lebih berbobot kok... Wkwkwk...

      Hapus
  26. Dua2nya foto yg bagus mbak... semoga sukses di GA ini ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      Makasih ya Mechta...:)

      Hapus
  27. itu gedung kok mirip yang di jogja ya mb, jangan-jangan desainnya sama hehe

    sudah lama gak main dimari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh yaaa...? Yogya sebelah mana mbak Lita yg ada gedung spt itu?

      Iyaaa yaa... Kangen juga dgn jejakmu :)

      Hapus
  28. mbak Niken awet muda, soalnya foto lama sama foto baru kelihatan sama segernya, sama sumringahnya...

    BalasHapus
  29. Subhanallah, sudah 5 anak, tp masih muda..
    Salam kenal, Mba..
    Sukses ya GA-nya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tua kok mbak... :)
      Salam kenal kembali.
      Makasih ya..

      Hapus
  30. Mbak Niken, pulsa sebagai hadiah peroleh nilai di GA bunda. Untuk record bunda mohon kirim via INBOX no hapenya ya mbak Niken. Makasih untuk partisipasi mbak Niken di GA bunda.

    BalasHapus

Tulislah Komentar Anda Dengan Santun