Ngeblog Itu Asyik

78 komentar
Bismillahirrahmannirrahiim,

Ketika memutuskan untuk menonaktifkan facebook pada awal Ramadhan lalu, ada kegalauan yang mengganggu. Aku kan hanya ingin off facebook, bukan berhenti ngeblog atau menulis. Aku ingin tulisanku tetap bisa dibaca teman-teman dan aku tetap bisa update tulisan baru teman-teman. Kalau soal update tulisan baru teman-teman, memang bisa dilakukan dengan membuat blogroll. Tapi ciut hati rasanya ketika membayangkan tulisanku atau blogku akan dilupakan teman-teman sebab tidak di share di facebook. Twitter punya, tapi paling-paling dibuka untuk persyaratan kontes saja.

Atas kebaikan seorang sahabat, sehari sebelum facebookku dinonaktifkan, sebuah blog yang berisi alamat blog teman-teman dipersembahkan untukku. Sahabat Siagaku itu memang tahu aja apa yang akan mempermudahku dalam ngeblog. Aku tinggal melengkapi dengan blog teman-teman yang belum ada di sana. Pokoknya supportnya dalam kegiatan menulisku memang mantap. Makasih ya, Sob.


Blog ini yang memudahkan aku untuk Blog Walking. Ternyata meskipun tidak facebook-an, masih bisa berhubungan dengan teman-teman melalui blog mereka. Membaca tulisan-tulisan teman-teman dan meninggalkan komentar, ternyata membuatku tetap semangat untuk ngeblog. Informasi-informasi tentang Give Away dan kontes bisa aku dapatkan dari Blog Walking ini.


Banyak ilmu dan kisah-kisah yang bisa diambil hikmahnya dari tulisan-tulisan yang aku baca. Kadang muncul rasa "panas" saat membaca prestasi teman-teman, baik dalam menerbitkan buku atau menang dalam GA atau kontes. Rasa "panas" yang membuatku tetap semangat ngeblog dan menulis. Ikut dalam beberapa GA yang diselenggarakan oleh teman-teman. Bukan menjadikan iri atas keberhasilan orang lain. Sekarang aku sedang menyiapkan buku kedua, yaitu kumpulan cerpen berkolaborasi dengan mas M. Ridwan Purnomo pemilik blog La Ranta dan FiksiQ.

Lantas, bagaimana dengan kekhawatiran blogku tak lagi dikunjungi oleh teman-teman karena tidak dishare di facebook, twitter atau manapun. Ternyata... kekuatan Blog Walking itu bukan isapan jempol belaka. Dengan tetap berkunjung dan meninggalkan komentar di blog teman-teman, kunjungan balasan aku sambut dengan suka cita. Alhamdulillah Lovely Little Garden, Pena Bunda dan My Give Away tetap dikunjungi teman-teman, dan sebagian meninggalkan komentarnya. Bahkan tak disangka, Alexa dari dua blog meramping.



Kalau Pena Bunda masih gendut. Terima kasih buat semua perhatian teman-teman. Kunjungan kalian semua, juga komentar-komentarnya membuatku semakin yakin, bahwa bila niat menulis adalah dari dalam hati, tulisan itu akan tetap ada nilainya meskipun hanya sedikit.

Persahabatan dengan teman-teman blogger juga bisa membuat semangat untuk ngeblog. Bisa saling memotivasi dan memberi informasi secara langsung. Keep contact dengan teman-teman blogger melalui sms, WA, BB, email adalah salah satu cara untuk tetap menjaga jiwa ngeblog. Sebuah Kopdar sering membawa efek yang tak disangka-sangka. Salah satunya ya bikin semangat ngeblog. Berbincang-bincang langsung dengan teman blogger, bisa langsung tanya jawab akan kendala kita, semua itu selain menambah keakraban juga mengepulkan bara semangat nulis. Minimal tulisan tentang kopdar itu sendiri.

Aku selalu membawa notes dan balpoint di tasku. Sebab kadang tiba-tiba muncul ide saat berada di suatu tempat. Kalau pas notes nya ketinggalan ya bisa di BB menyimpan ide-ide itu. Singkat dan point-pointnya saja, yang penting kita bisa kembangkan nantinya.

Yang paling penting dalam ngeblog tentunya koneksi internet yang lancar. Rasanya bisa kacau balau semangat kalau saat ide sedang muncul dengan kenceng, tapi internet justru amat lemot. Alhamdulillah suamiku menyiapkan sarana ini dengan baik, karena anak-anak juga membutuhkan fasilitas internet untuk tugas-tugas sekolah mereka. Dengan adanya Wifi di rumah, kami semua bisa menikmati internet dengan lancar. Ngeblog jadi asyik.

Yuk ngeblog yuuk...!

“Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog”





78 komentar:

  1. Pantesan dah lama gak nemu mbak lagi di facebook,, kirain apa memang fb aku yg error,, rupanya off toh...,,

    ayoooook,, semangat ngeblog lagi,, *buat diri sendiri juga* hehhee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe... Kesalahan bukan pada layar monitor anda, mbak Emy. Tapi pada fb saya.

      Apa kabar mbak?

      Hapus
  2. untung emaknya semangat ngeblog... aq harus semangat juga nih , mesti ala kadar nya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak? Aaiihh... Anakku nambah lagi aja nih. Semangat ya, nak... ^_^
      Sambil cari-cari, mending ngeblog aja.

      Hapus
  3. Memang mengasyikan ya mbak...daripada curhat2 di facebook kurang brmanfaat juga n malah bisa berbalik mudharat jg kalau ga pandai2 kitanya...keep blogging mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak mengatakan kalau facebook kurang bermanfaat. Hanya kebutuhannya saja yang membuat saya menonaktifkannya.

      Makasih mampirnya. Oke... Let's keep blogging ^_^

      Hapus
  4. Mbak Niken memang sosok yang pantang menyerah, sosial media adalah sarana pendukung saja yang bisa menjadi sarana mempromosikan blog kita, tapi apalah artinya kita share jika tanpa ada aksi dari pemilik blog untuk BW, jadi setuju jika kekuatan blogger selain artikelnya bagus adalah BW ke blog teman..

    Semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Insan, aku cuma bisa bilang trima kasih buat semua supportnya. Mas juga terus nulis ya. Terus berdakwah lewat tulisan.

      Semoga sukses juga buatmu.

      Hapus
  5. Ngeblog bikin aku sering2 main ke 'rumah' Umii.. hhi
    smoga menang Umi giveawaynya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ranii. Karena ngeblog kita bisa kenalan ya. Umi juga bisa main ke 'rumah' Ranii.

      Hapus
  6. Template blognya cantik banget, bun :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, mbak Leyla. Saya juga masih terkagum-kagum sama templatenya, apalagi headernya. #efek dibikinin.

      Hapus
  7. mari menulis, mari ngeblog, mari bergembira :D

    ngeblog adalah pekerjaan yang menyenangkan bunda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita saling berbagi melalui tulisan-tulisan kita.

      Hapus
  8. Assalamu alaikum wr. wb. bunda

    waah.. neni baru tahu, ketinggalan kabar rupanya bahwa bunda telak non di FB :) . aku tunggu tapi tak hadir-hadir, akhirnya mengirim pesan singkat mengetahui kabar berita ...

    ngeblog memang asyik, saat lama tak berkunjung or update, dduuhhh rasanya gimana githu, kasian banget blog.nya seperti anak yang terlupakan, tak ter urus :)

    semangat terus bunda, mari saling memberi support dan semangat

    salam rindu buat bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullahiwabarakatuh.
      Trima kasih ya Neni sms bunda. Kalau enggak ya bisa lost kontak kita. Hape bunda eror dan kontak pada hilang. Hiks.

      Bunda mau main ke Awan Putih ah. Kangen banget deh sama Neni dan tulisan-tulisannya.

      Salam rindu kembali.

      Hapus
  9. Bunda...
    Maaf baru bisa berkunjung...
    Ternyata di sini ada namaku di sebut sebut...
    Makasih ya bund. Tetap ngeblog sampai kapanpun... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa... emang nggak berasa yang disenggol2..? Hehehe...

      Yuk ah, La Ranta dan FiksiQ aktif lagi.

      Hapus
  10. untuk urusan update teman, saya punya "almari tua" siapapun yang pernah berkomentar di blog utama, URLnya pasti saya masukkan kedalam almari tua.
    BW itu memang ibarat pelengkap 4 sehat 5 sempurna keberadaan blog kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Almari tuanya jangan lupa naroh kuncinya loh. Hehehe...

      Hapus
  11. Aktivitas blogging bisa membuat kita aware pada sekitar ya mbak. jadi pribadi yang lebih baik dan "terlihat" smart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saling menimba ilmu pengetahuan ya mbak Susi :)

      Hapus
  12. Saya seperti kembali tersiram air semangat ketika membaca tiap bait tulisanmu Bunda.

    Jan Joss Tenan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda memang jualan extra joss kok mas Jaswan. hehehe

      Hapus
    2. Whattt??? kok sama dengan saya.

      Saya kalau di rumah juga jaga toko.

      #Promosi

      Hapus
    3. Pantesaaan, sekarang tulisannya makin joss!

      Hapus
  13. Mbak Niken ini memang seorang inspirator. Cespleng, tenan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dibilang inspirator. Padahal saya juga terinspirasi dari teman-teman semua. Mari kita saling mneginspirasi ^_^

      Hapus
  14. Sangat inspiratif buat saya. Kebetulan saya baru mulai juga blog sendiri. Harus terus semangat nih .. hehe. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembli Gina.
      Mari kita saling memotivasi.

      Hapus
  15. ooh bun, pantesan ya tidak kelihatan di facebook... tapi lewat blogpun masih bisa silaturahim kok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Rina, kita tetap bisa silaturahim dengan saling mengunjungi blog ya.

      Hapus
  16. Gak cuma Asyiiikk bunda, tapi asyiiik buangeeeet... dan yang lebih penting banyak ketemu saudara2 baru, karena pada hakikatnya persaudaraan buka hanya diikat dengan darah, tapi juga dengan "cinta" dan rasa saling sayang antar sesama makhluk tuhan.... *Ce illeeee, tumben bijak hari ini* wkwkwkw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen mas Furgon bijak semua kok. Hehehe...

      Karena ngeblog, bunda jadi dapat Kujo dan merasakan sari lidah buaya dari pontianak. Makasih ya.

      Hapus
  17. sama aku juga lagi oof Fb...lagi menikmati kesendirina..dgn tulisan sebenarnya lagi gak mau dibaca...tapi ada mbak Niken yag sellau mampir ke bloggku jadi aku pingin balik kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tulisan nggak mau dibaca, disimpan di file aja mbak. Kalau di blog ya ada yg baca sekalipun tidak komen. ^_^

      Hapus
  18. sama mbak... suka nyatet di hape...
    tapi ketika hapeku rusak, catetan ilang semua... hiks...
    pelajaran yg kudapat: nyimpen di hapenya jangan lama2, segera wujudkan jadi tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Jangan kelamaan disimpan di hape. segera dijadikan tulisan Hehehe.

      Hapus
  19. saya juga sdh jarang login ke FB, ya gak sampai saya off FBnya kok Mbak. Sesekali ya ngintip deh FB.

    Btw, salut utk "buku Blog"nya...#sebutans aya neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggung mbak Ris. Sekalian aja ditutup, sebab kalau masih aktif suka ada inbox tak terbaca. Nggak enak sama yang mengirimnya.

      Hapus
  20. Mbak... melihat artikel mbak Niken ini aku ingin sekali belajar banyak ngeblog denganmu mbakk.... Bagaiman kita berhubung lebih jauh lagi yahh...Maklum rada Gaptek akuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar ngeblog? Yuk sama-sama belajar mbak. Saya juga nggak paham soal otak atik blog. Taunya tinggal nulis aja. Saya hub mbak ya..

      Hapus
  21. Betul mbak Niken, kekuatan BW itu belum ada yang nandingi perkara kunjungan dari teman-teman. Kekuatannya kan disitu, kita senang dapat kunjungan dari blogger lain, begitu pun mereka sebaliknya..Hubungan timbal balik yang menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen teman-teman adalah semacam hiburan buat kita. Sekalipun jumlah silent reader lebih banyak dari pada yang berkomentar.

      Hapus
  22. Iya, saya masih ingat mbak Niken beberapa kali ke blog saya waktu Ramadhan padahal sudah bilang mau non aktifkan FB, berarti memang mengandalkan blog ya :)

    Ngeblog itu bikin nyandu ya mbak, nyandu yang menyenangkan dan bermanfaat. Asyiknya punya banyak teman. Kalo keliling Indonesia kita bisa mengunjungi ratusan orang *ngayaloolehdong* :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Niar, URL blog mbak Niar ada di Taman Kecilku. Jadi kelihatan deh tiap ada postingan baru.

      Ikutanngayaldong... ^_^

      Hapus
  23. Ayooo
    Kapan kita kopdar lagi bu niken?
    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan

    1. Mbak Hani kapan ke Jakarta? Ntar ajak Bintang Kecil ya :)

      Hapus
  24. Balasan
    1. Makasih mbak Myra. Saya malu kalau mau mengaku header itu buatan sendiri sebab memang dibuatkan.

      Hapus
  25. SUKSES SELALU UNTUK NGEBLOGNYA, SEMOGA MENJADI BLOGGER SEJATI DUNIA AKHIRAT :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih do'anya. Kang Zeer rajin mendoakan saudara seiman, semoga membawa keberkahan buat Kang Zeer.

      Hapus
  26. aku malah baru tau akun FBnya bunda di nonaktifkan :D jarang juga maen fesbuk sih... seringan twitter :D

    Semangat ngeblog bunda ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jaraaaang sekali buka twitter malah.

      Semangat juga mas Ari.

      Hapus
  27. Blogwalking nih Mbak Niken.. ^_^

    Sukses terus yaa Mbak ngeblog nya..
    Mudah2an saya juga bisa ketularan semangat ngeblog dari senior-senior blogger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Chaidir... saya mau kunjungan balasan ah...

      Hapus
  28. BW emang ajib mbak. Selain manfaatnya ke traffic yang stabil juga jadi banyak sahabat. makasih partisipasinya ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kembali mbak Ika. Semoga sukses selalu.

      Hapus
  29. Bunda Niken memang rajin mampir ke blog saya. Maaf Bun, baru mampir sekarang. Saya suka ga sempet bw :( Seneng baca tulisannya. Jadi semakin cinta ngeblog :)
    Semoga sukses GA-nya, Bunda ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling mengunjungi memang mengasyikkan ya...

      Hapus
  30. Bunda Niken memang rajin mampir ke blog saya. Maaf Bun, baru mampir sekarang. Saya suka ga sempet bw :( Seneng baca tulisannya. Jadi semakin cinta ngeblog :)
    Semoga sukses GA-nya, Bunda ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog mbak Riana selalu menyajikan resep praktis dan mudah diikuti... seneng ke sana

      Hapus
  31. hebat mbak, kmana2 bawa catatan. kl sy bw catatan tp kagak nulis2. hehe...

    salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... kadang juga cuma buat action kok.
      Salam kenal kembali

      Hapus
  32. blogwalking memang jurus paling ampuh buat mempopulerkan blog kita...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali mas Hari...
      Blog nya mas Hari selalu laris manis.

      Hapus
  33. Semangat Bunda.. Dimanapun tempatnya senantiasalah berbagi dan berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh, mas Lozz. Makasih supportnya.

      Hapus
  34. Ngeblog bikin hati senang, namun bisa bikin kita ketagihan juga ya mbak,,, hehehe :)
    Salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Indri. Semoga ketagihannya nggak bikin sakau... hehehe

      Hapus
  35. Gara-gara main blogger jadi lalai
    sehingga waktu kuliah jadi telat masuk
    semua karena blog hehehe
    mas dtunggu follow back-nya y

    BalasHapus
  36. saya suka dengan ngeblog ini ... salam kenal sob ...

    BalasHapus

Tulislah Komentar Anda Dengan Santun